Apa Wirausaha Konstruksi?

Adalah mata kuliah ‘baru’ yang nama aslinya Kewirausahaan Teknik Sipil, hanya karena menurut saya pribadi judul mata kuliahnya terlalu luas, maka saya cenderung untuk memberi nama Wirausaha Konstruksi.

Mata kuliah ini memiliki bobot 2 SKS dengan penekanan pada professional engineering practice, sebagai bekal mahasiswa nantinya setelah lulus tidak hanya menunggu untuk mendapatkan pekerjaan, namun juga dapat mempraktekan ilmu yang diperolehnya sebagai sebuah pekerjaan yang menghasilkan tentunya.

Silabus mata kuliah ini antara lain, adalah:
1. Mahasiswa mengerti tentang definisi etika, klasifikasi etika (etika profesi, etika bisnis, etika agama, etika sosial)

2. Mahasiswa mengerti tentang definisi profesi, ciri-ciri profesi, dan prinsip-prinsip etika,

3. Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis bisnis konstruksi (konsultan, konsultan supervisi, kontraktor umum, kontraktor speasialis, industri konstruksi, property)

4. Mahasiswa mampu memahami profil bisnis konstruksi,

5. Mahasiswa mampu merangkai hubungan antara matakuliah teknik sipil dengan berbagai bisnis konstruksi (matakuliah desain, matakuliah pelaksanaan konstruksi, RAB, scheduling, teknologi beton),

6. Mahasiswa mampu memahami tahapan-tahapan yang diperlukan untuk pendirian perusahaan konstruksi (persyaratan, personil, perijinan, tempat, peralatan, modal)

7. Mahasiswa mengerti konsep bisnis plan,pembuatan bisnis plan, marketing, networking, negosiasi, pengantar manajemen strategic, keuntungan (profitability), pertumbuhan (growth), pencitraan (image) pendekatan stakeholders.

8. Mahasiswa memahami tentang risiko bisnis konstruksi.

Dan dalam blog ini anda akan menemui artikel maupun bahan ajaran yang menunjang perkuliahan ini. Semoga bermanfaat.

Pos ini dipublikasikan di General. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s